Dikarenakan Virus Corona, Ekonomi Indonesia Anjlok

Seputar Berita - Menyebarnya virus corona ke 16 Negara menyebabkan minimal 106 orang wafat, memunculkan beberapa sentimen negatif di dunia. Mengenai efek virus corona tidak cuma dari bagian kesehatan tetapi merambat ke kegiatan ekonomi seperti harga komoditas.

Dikarenakan Virus Corona, Ekonomi Indonesia Anjlok


Untuk menahan efek virus Corona serta memperluas penebaran, pemerintah China juga lakukan isolasi kota Wuhan. Ini makin bawa ketidakpastian buat China. Pasalnya penebaran virus bersamaan dengan berlibur Tahun Baru Imlek - yang umumnya akan menggerakkan perjalanan, berbelanja, serta pemberian hadiah.

Stasiun kereta api serta lapangan terbang jadi sepi. Sebab beberapa penumpang langsung mengubah gagasan perjalanan walau ada libur sepanjang satu pekan. Disamping itu, pemerintah China juga menutup kota Wuhan untuk menahan penebaran virus.

Hal ini berefek pada penutupan penerbangan ke kota itu, hingga ada banyak maskapai yang perlu menggagalkan rute penerbangan ke Wuhan. Presiden Joko Widodo juga sudah memberikan instruksi pada Menteri Kesehatan Dokter Terawan Agus Putranto untuk menghadapi penebaran wabah itu.

Jadi langkah mencegah, pemerintah sudah mempererat pengawasan di lapangan terbang untuk mengetahui serta memonitor penumpang yang hadir, khususnya dari negara yang direncanakan sudah memverifikasi kedatangan virus baru ini," tuturnya

Disamping itu, untuk menahan penebaran serta efek virus corona sekitar 135 thermo scanner sudah diaktifkan di 135 pintu masuk negara baik darat, laut, atau udara.

Tidak itu saja, pemerintah mempersiapkan 100 rumah sakit referensi dengan sarana ruangan isolasi pada pasien dengan tanda-tanda penyakit paru-paru serta aliran pernafasan lain, seperti RSPI Sulianto Saroso di Jakarta serta rumah sakit yang lain.

EKONOMI MENURUN DRASTIS

Serta, efek virus corona dapat sampai menyebabkan kritis ekonomi global. Efek virus corona paling penting sebetulnya ialah bagaimana nasib ekonomi China, serta dampaknya pada Indonesia. 

Pasalnya ekonomi China sepanjang tahun jadi salah satunya mesin perkembangan paling kuat di dunia. Keruntuhan di negara itu dapat membuat pekerjaan terhalang serta perkembangan di lain tempat. 

Efek virus corona juga dapat sampai ke Indonesia, serta meneror perkembangan ekonomi dapat dibawah 5%. Analisa S&P mengatakan, virus Corona akan memotong perkembangan ekonomi China seputar 1,2 point prosentase. Jadi jika perkembangan ekonomi China tahun ini direncanakan 6%, karena itu virus Corona akan membuat melambat jadi 4,8%. 

Jika ekonomi China melambat jadi efek virus corona, karena itu Indonesia tentu akan terkena getahnya. Karena, jalinan Indonesia dengan China demikian erat. Berdasar analisis Bank Dunia, tiap perlambatan ekonomi China sebesar 1 point prosentase akan kurangi perkembangan ekonomi Indonesia sebesar 0,3 point prosentase. 

Bukan itu saja, efek virus corona meluas pada anjloknya harga batu bara, sebab pasar yang masih siaga. Tempo hari (27/1/2020) harga komoditas batu bara Free Chip Tanpa Deposit kontrak referensi ICE Newcastle ditutup di level US$ 67,55/ton, melemah 0,81% dibandingkan urutan penutupan minggu kemarin. 

Tidak hanya batu bara, efek virus corona meluas ke jatuhnya harga minyak mentah. Bila terus-terusan berlangsung serta meluas, apa yang di kuatirkan aktor pasar ialah bisa mengganggu keinginan minyak. Harga minyak mentah terus turun jadi efek virus corona yang terus menelan korban jiwa.

Posting Komentar

0 Komentar