Bermacam Tipe Burung Sedang Berimigrasi Ke Pantai Selatan

Seputar BeritaBermacam tipe burung dari belahan bumi utara bermigrasi ke pesisir selatan Jember dalam beberapa waktu paling akhir ini. Beberapa pengamat burung dari Kampus Jember lakukan pengamatan pada bermacam tipe burung migran ini.

Bermacam Tipe Burung Sedang Berimigrasi  Ke Pantai Selatan


Abdu Rohman, dosen Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan serta Pengetahuan Pendidikan (FKIP) menjelaskan pantai selatan Jember adalah tempat penting buat burung pantai migran. " Sebab tempat ini sediakan beberapa type habitat buat burung," kata Abdu Rohman dalam launching yang diterima Tempo, Rabu, 19 Februari 2020.

Minimal ada ada lima type habitat, yakni pinggir pantai, laguna, delta sungai (mencakup sungai serta muara sungai), persawahan serta mangrove. Burung pantai dalam kehidupannya banyak bergantung pada kehadiran pantai atau tempat basah pada umumnya untuk tempat cari makan atau bertumbuh biak.

Abdu yang lakukan penilaian sepanjang beberapa waktu paling akhir ini bersama dengan beberapa mahasiswanya, menjelaskan Indonesia adalah salah satunya daerah penting sebagai jalan penting beberapa tipe burung migran sebab indonesia jadi negara tropis serta dilalui garis khatulistiwa.

"Salah satunya tempat pantai selatan Jember adalah jalan buat migrasi tamu tidak berpaspor, yakni burung pantai," tutur Abdu Dia menjelaskan berlangsungnya migrasi sebab belahan bumi utara mulai masuk musim dingin hingga sumber Freebet Terbaru makanan menyusut. "Ini yang membuat beberapa ribu burung lakukan migrasi ke belahan bumi selatan untuk cari makan serta menghindarkan musim dingin dan meneruskan siklus perkembangbiakannya," katanya.

Pada tiap tahunnya, beribu-ribu burung bermigrasi ke Bumi sisi selatan lewat dua jalan. Pertama, koridor daratan samping timur (Eastern inland corridor) jalan yang ditempuh dari tenggara Siberia lewat timur Tiongkok ke arah semenanjung Malaysia, lantas datang di Indonesia yaitu Jawa, Bali, serta Lombok.

Ke-2, Koridor Pantai Pasific (Coastal pacific corridor) yakni jalan yang akan dilewati oleh burung-burung dari timur Rusia yang melalui Kepulauan Jepang serta Taiwan, lantas ke selatan Filipina serta menepi di daerah Sunda Besar.

Dalam penilaian, Abdu merasakan beberapa ratus burung tipe Dara laut Jambul (Thalasseus bergii) di pantai selatan Jember, spesies burung dari family Sternidae, genus Sterna. Burung ini adalah tipe burung pemakan ikan, kepiting yang mempunyai habitat di pantai, pulau karang.

BACA JUGA : 30 Kapal Cantrang Di Lindungi Petugas Hukum

Selanjutnya ada Gajahan Pengala (Numenius phaeopus) yang disebut spesies burung perancah yang terhitung dalam family Scolopacidae. Burung ini salah satu tipe gajahan yang paling menebar luas, berbiak di daerah-daerah subarktik di Amerika Utara, Asia serta Eropa.

Ada juga Kedidi putih (Calidris alba), semacam burung perandai atau burung pantai yang memiliki ukuran sedang. Burung ini berbiak di daerah lingkar kutub Arktika; pada musim dingin bermigrasi jauh ke selatan sampai Eropa selatan, Amerika Selatan, Afrika, Asia Tenggara, serta Australia

Selanjutnya, Trinil pantai (Actitis hypoleucos), spesies burung dari family Scolopacidae, genus Actitis. Burung ini adalah tipe burung pemakan krustasea, serangga, invertebrata lain yang mempunyai habitat di habitat luas. gosong lumpur, beting pasir, pantai, sungai, sawah, menyebar sampai ketinggian 1.500 m dpl.

Trinil kaki kuning (Tringa flavipes). Burung ini berbiak di Alaska, Kanada serta Amerika Serikat. Musim dingin membuat bermigrasi ke Tierra del Fuego serta Galapagos. Vagran di Eropa, umumnya pada musim semi. Tertera jadi pengunjung yang jarang-jarang ke Sumatra pada tahun 1983.

Disamping itu ada cerek jawa (Charadrius javanicus), semacam burung perandai atau burung pantai yang memiliki ukuran relatif kecil. Sebelumnya disangka adalah burung endemik Pulau Jawa, sekarang diketahui jika cerek jawa menebar luas di banyak daerah pesisir di Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar